Apakah kamu pernah merasa karyawanmu kehilangan motivasi, produktivitas menurun, atau bahkan ada yang menarik diri dari interaksi sosial di kantor?
Itu bisa jadi karyawanmu sedang mengalami stres kerja. Stres kerja bisa terjadi ketika tuntutan pekerjaan melebihi kemampuan seseorang untuk mengatasinya, baik secara fisik maupun mental. Stres kerja pada karyawan juga bisa disebabkan karena tugas terlalu banyak, deadline ketat, dan lembur yang terus-menerus. Ternyata dampak stres kerja pada juga memiliki konsekuensi serius buat perusahaan secara keseluruhan loh. Jika dibiarkan, efeknya bisa merugikan dari sisi produktivitas, biaya, sampai reputasi perusahaan.
Sebaliknya, jika perusahaan aktif menjaga kesehatan mental karyawan, hasilnya adalah tim yang lebih solid, produktif, dan loyal. Membantu mengelola stres karyawan bisa dilakukan dengan program manajemen stres di perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan.
Program manajemen stres merupakan upaya untuk mengendalikan, mengurangi, atau mengatasi stres agar tidak berdampak negatif terhadap kesehatan fisik, mental, maupun kinerja seseorang terutama di lingkungan kerja.
Manajemen stres bukan cuma soal mengurangi tekanan, tapi juga menciptakan kondisi optimal untuk kinerja, kesehatan, dan hubungan kerja yang lebih baik.